Tutorial Belajar Html Duniailkom

Artikel belajar html duniailkom kali ini akan memberikan sedikit tutorial belajar html dan tips khusus agar pembelajaran menjadi lebih optima.

Deklarasikan DOCTYPE

Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mengkode halaman web adalah menyatakan DOCTYPE. Singkat untuk “deklarasi tipe dokumen,” ia memberitahu validator yang versi HTML atau XHTML (atau keduanya) halaman yang digunakan. Mendeklarasikan DOCTYPE yang salah, atau tidak menyatakannya sama sekali, mencegah browser web memahami kode Anda, yang dapat menyebabkan perenderan dan masalah lainnya.

DOCTYPE ditempatkan di bagian atas halaman, sebelum tag <html> atau elemen lainnya. Ada tiga DOCTYPE berbeda untuk HTML 4.01, tetapi hanya satu untuk HTML 5: <! DOCTYPE html>

Lihat Kode Sumber

Apakah Anda menggunakan Firefox, Chrome, Internet Explorer, Microsoft Edge, atau browser web lainnya, Anda harus terbiasa melihat kode sumber halaman web secara teratur. Melakukan hal itu akan mengungkapkan kode HTML yang digunakan untuk mendesain halaman web. Anda akan dapat melihat secara langsung tag mana yang digunakan, cara penerapannya, dan seperti apa tampilan proyek yang sudah selesai.

Unduh (dan Gunakan) Firebug

Apa itu Firebug dan mengapa harus menggunakannya? Ini adalah plugin browser open-source yang gratis untuk mengunduh FireFox yang digunakan untuk melihat, mengedit, dan men-debug HTML, CSS, dan JavaScript di halaman web mana saja. Meskipun Anda dapat melihat kode sumber HTML langsung dari browser web Anda, biasanya hanya menampilkan HTML asli. Penampil HTML Firebug, di sisi lain, menunjukkan kepada Anda bagaimana tampilan HTML laman web setelah diubah oleh JavaScript – dan elemen apa pun yang diubah oleh JavaScript secara otomatis disorot untuk referensi yang lebih mudah. Selanjutnya, tab di sisi kanan memungkinkan Anda untuk melihat properti elemen yang termasuk dalam HTML, seperti aturan styling CSS, properti DOM, dan banyak lagi.

Tutup Tag HTML Anda

Pembukaan tag HTML harus ditutup dengan tag masing-masing di bagian akhir. Tanpa tag penutup, elemen tidak akan ditampilkan dengan benar. Lihat di bawah untuk contoh.

<p> Ini adalah kalimat tanpa tag penutup
<p> Ini adalah kalimat dengan tag penutup </ p>

Validasi

Saat mengkodekan halaman web baru, jalankan melalui validator HTML untuk memeriksa markupnya. Selama Anda secara rutin memvalidasi halaman web Anda saat merancangnya, Anda dapat menangkap kesalahan lebih awal, sebelum mereka berkembang menjadi masalah yang lebih besar. W3C Validator adalah alat gratis yang sangat baik digunakan, meskipun ada beberapa plugin browser web / ekstensi yang melakukan operasi yang sama ini. Apapun itu, pastikan Anda memvalidasi halaman web Anda secara teratur.